Sistem Operasi Tugas Ke-2 : Evolusi sistem operasi
Feri Chandra C
3IA19/54414169
3IA19/54414169
Multiprogram Batch System:
1. Operating system
menyimpan beberapa job di main memory dalam satu waktu
2. Jika tidak ada
memory yang cukup untuk melakukan banyak jobs, system harus memilih beberapa
dari mereka.
3. CPU’s
utilization meningkat
4. multiprogram
membutuhkan waktu yang sedikit untuk menyelesaikan job yang sama
5. multiprogram
tidak mengijinkan interaksi antar processes ketika mereka sedang menjalankan
dalam komputer
6. hardware harus
mempunyai fasilitas untuk mendukung multiprogram
Time-sharing system:
1. A logical extension of
multiprogramming
2. Switch CPU among multiple jobs
frequently : user dapat melakukan interaksi dengan setiap program
ketika sedang berjalan
3. Response time : Butuh waktu
untuk menjalankannya
4. An interactive (hands-on) computer
system : komunikasi secara langsung, response time cepat( 1 detik atau lebih)
5. A
time-sharing system :Memperbolehkan banyak user untuk menggunakan computer,
Pergantian dari 1 user ke user lain secara berulang
6. Virtual
memory; menyembunyikan perbedaan antara memory dan disk
7. Disk
management
Desktop Systems:
1. Sistem computer
untuk 1 user
2. Memaksimalkan
kenyamanan pengguna dan responsif
3. I/O devices (keyboard,display screens,small
printers,mice)
4. Dapat
mengadaptasikan teknologi yang di kembangkan untuk operasi system yang lebih
besar
5. Dapat
menjalankan operating system yang berbeda-beda (Windows,MacOs,UNIX,Linux)
Real-time System:
1. Well-defined, fixed time constraints
2. Sering di
gunakan sebagai control device di aplikasi
3. Ada 2 tipe :
Hard real-time system dan soft real-time system
a. Hard
real-time system :
- Konflik
dengan time-sharing, tidak di support oleh general-purpose operasi system
- Secondary
storage terbatas atau tidak ada
- Data
tersimpan di short term memory
- Read-only
memory (ROM)
b. Soft real-time
system :
- Utility
terbatas dalam industial control dari robotics
- Lemah,
tetapi dapat di gunakan bersamaan dengan OS features
- Tugas
penting di perioritaskan, tetapi pembatasan waktu tidak harus di penuhi
- Sangat
berguna dalam aplikasi(multimedia,virtual reality)
Distributed System:
1. Multiprocessors,
tetapi tidak berbagi memory,clock,etc
2. Resource sharing
3. Mempercepat
pertukaran data dengan yang lain melalui electronic mail
4. Jika salah satu
bermasalah di dalam distributed system, bagian yang lain dapat melanjutkan
operating
5. Tergantung
dengan fungsi network
6. Service yang
lebih baik untuk pengguna
7. Memperpendek
saat load di host computer
8. Memperpendek
delay dalam data processing
Handheld System:
1. Memory terbatas
2. Slow processors
3. Small display
screen
4. Personal Digital
Assistants(PDAs)
5. Cellular telephones
Clustered System:
1. Mengunpulkan
beberapa cpu untuk menyelesaikan pekerjaan komputasi
2. General accepted definition :
clustered computer membagi storage dan saling terkait dengan LAN networking
3. Asysmmetric
clustering : 1 server menajalankan aplikasi selama server standby
4. Symmetric
clustering : semua host menjalankan aplikasi
5. Parallel cluster
: beberapa host mengakses data yang sama dalam shared storage
6. Clustering
melalui WAN
7. Teknologi
cluster berubah dengan cepat (Storage-Area-Networks(SANs))
Sumber:
fivedots.coe.psu.ac.th/Software.coe/OperSys/Slides/1.%20Intro.ppt
Tidak ada komentar:
Posting Komentar