Awalan
“E” ialah “elektronik”, yang berarti kegiatan ataupun transaksi yang
digunakan tanpa pertukaran atau kontak fisik. Transaksi diadakan dengan secara
elektronik atau digital, sesuatu dibuat menjadi mungkin dengan pesatnya
perkembangan komunikasi digital.
E-Commerce
E-Commerce ialah proses
pembelian, penjualan, ataupun pengantian produk, pelayanan serta informasi
dengan menggunakan jaringan internet. E-commerce berarti ialah transaksi bisnis
melalui internet dimana pihak-pihak yang terlibat akan melakukan penjualan atau
pembelian. Transaksi yang dilakukan didalam e-commerce pada dasarnya ialah
melibatkan pengalihan (transfer) maupun penyerahterimaan (handing over)
kepemilikan serta hak atas produk atau jasa.
Secara
teknis, E-commerce hanya ialah bagian dari E-business dikarenakan,
menurut definisi, E-business ialah semua transaksi bisnis
online, termasuk penjualan secara langsung kepada konsumen (e-commerce),
transaksi dengan produsen serta pemasok, dan interaksi dengan mitra
bisnis. Pertukaran informasi via database terpusat juga dilakukan didalam
e-commerce.
Fungsi-fungsi bisnis hanya terbatas pada sumber daya teknologi.
Fungsi-fungsi bisnis hanya terbatas pada sumber daya teknologi.
E-Business
E-Business
ialah kegiatan menjalin relasi dengan konsumen atau klien, bertukar data
dalam satu Perusahaan dengan menggunakan internet. E-business sendiri
ialah perluasan dari e-commerce, di mana tidak hanya pembelian
serta pembayaran barang, dan pelayanan, namun juga disertai pelayanan
konsumen, kolaborasi dengan partner bisnis dengan dukungan elektronik sebagai
alat transaksi atau pun organisasi.
Perbedaan lainnya yang mendasar
antara e-commerce dan e-business ialah bahwa tujuan ecommerce memang benar-benar
money oriented (berorientasi pada perolehan uang atau pun melibatkan pertukaran
uang dalam suatu transaksi), sedangkan E-business berorientasi pada kepentingan
jangka panjang yang sifatnya abstrak seperti kepercayaan konsumen, pelayanan
terhadap konsumen, peraturan kerja, relasi antar mitra bisnis,
serta penanganan masalah sosial lainnya. Semua aspek dalam bisnis
seperti, pemasaran, perancangan produk, manajemen pemasokan, dan sebagainya.
1. E-business hanya melibatkan
pemasaran , perancangan produk , evaluasi layanan konsumen, dan lain-lain.
2. E-business lebih luas dalam lingkup serta e-commerce hanya ialah satu aspek atau satu bagian dari e-business.
3. E-commerce hanya mencakup transaksi bisnis seperti pembelian dan penjualan barang serta jasa melalui internet.
4. E-commerce pada prinsipnya melibatkan perdagangan uang sedangkan dalam e-business, transaksi uang tidak diperlukan.
2. E-business lebih luas dalam lingkup serta e-commerce hanya ialah satu aspek atau satu bagian dari e-business.
3. E-commerce hanya mencakup transaksi bisnis seperti pembelian dan penjualan barang serta jasa melalui internet.
4. E-commerce pada prinsipnya melibatkan perdagangan uang sedangkan dalam e-business, transaksi uang tidak diperlukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar